Bappeda Lanjutkan Program Jubah

PURNIATI, SP 09 Mei 2017 14:47:02 WIB

jenggala – Program Jubah (jumat bedah rumah) yang dibentuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara dengan mengagendakan para SKPD untuk bertanggung jawab membangun pada setiap hari, telah mulai maksimal berjalan.

Setelah Sekretariat Daerah melaunchingnya, Jumat kedua ini yang punya agenda dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda). “Minggu kedua dari program Jubah yang punya giliran kami dari Bappeda, dan kami sudah turun melakukan gotong royong untuk membedah rumah warga yang telah ditentukan di Dusun Cupak Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung,” terang Kepala Bappeda Lombok Utara Heryanto, Jumat (5/5).

 

Pihaknya berhasil mengeluarkan iuran sebesar Rp 6 juta, dan sisa tambahannya dari Baznas sebesar Rp 4 juta. Selain itu, pihaknya mengajak kepada seluruh kontraktor, pengusaha, perbankan agar bisa ikut terlibat gotong royong dengan cara yang dicanangkan pemerintah daerah tersebut. “Bagi teman-teman kita yang menjadi kontrakor, pengusaha, dan perbankan mari bersama-sama membantu masyarakat guna mempercepat pengentasan angka kemiskinan dari indikator rumah kumuh,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua GR 10.000 Asmuni Bimbo mengungkapkan rumah Sanusi akan dibangun dengan ukuran 3 x 5 meter persegi. Mengingat Sanusi saat ini hanya tinggal berdua dengan istrinya Mainep. ”Rumah yang dibangun dalam program ini menyesuaikan jumlah kepala yang tinggal di sana. Kalau lebih dari dua ya kita bangun lebih besar,” katanya.

Ditambahkannya, rumah untuk Sanusi ini ditargetkan rampung dibangun dalam 10 hari. Apalagi bahan bangunan dan tenaga pekerja sudah ada sehingga pengerjaan diharap bisa lebih cepat lagi.

Untuk diketahui, Sanusi merupakan masyarakat miskin kedua yang mendapat bantuan bedah rumah melalui gerakan sosial Jubah yang digagas pemkab bersama LSM ini. Rencananya masing-masing kecamatan yang ada di Lombok Utara akan disasar merata untuk program ini. ”Kecamatan Kayangan dan Tanjung sudah. Minggu depan kita sasar tiga kecamatan yang belum, nanti semua kecamatan pasti dapat,” jelasnya.

Salah satu warga penerima bantuan program jumat bedah rumah (Jubah) Sanusi (33) warga Dusun Cupak Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung sangat berbahagia dengan pembangunan rumah yang dilakukan Pemkaba Lombok Utara yang bekerjasama  dengan Baznas dan LSM GR 10.000. “Senang sekali bisa dibantu pemerintah, selama ini saya tinggal di rumah keluarga,” pungkasnya.

http://www.radarlombok.co.id/bappeda-lanjutkan-program-jubah.html

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PENGUNJUNG

Video Jenggala

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Lokasi Jenggala

tampilkan dalam peta lebih besar